Kenali dan Cegah Pneumonia Pada Anak

Pneumonia adalah penyakit pernapasan umum pada anak-anak kecil setiap musim dingin. Ini adalah penyakit yang sangat umum  terjadi, kedua setelah penyakit gastrointestinal. Infeksi lebih menular dan fatal daripada penyakit lain menyebabkan kematian tinggi pada anak-anak di bawah 5 tahun, terutama di musim dingin ketika ketahanan anak-anak melemah. Oleh karena itu, pengertian dan pencegahan pneumonia pada anak di musim dingin adalah cara untuk melindungi kesehatan anak Anda.

Apa itu pneumonia?

Pneumonia adalah bentuk infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri, virus dan parasit.

Penyebab utama pneumonia

Penyebab utama dan paling umum pneumonia adalah Streptococcus pneumoniae, salah satu infeksi bakteri yang paling umum pada orang dewasa dan anak-anak. Ini menyebar terutama melalui udara ketika datang dalam kontak langsung dengan orang tersebut.

Proses penyebaran

Pneumonia bakteri dan virus biasanya menyebar ketika seseorang batuk atau bersin ke orang lain, dan juga minum air dan makanan, menyentuh, dan menggunakan handuk kertas atau sapu tangan. penyakit yang digunakan.

Gejala pneumonia

Gejala pneumonia yang disebabkan oleh virus:

Peradangan paru-paru yang disebabkan oleh virus, gejala awal mirip dengan anak-anak dengan pilek, kemudian tanda-tanda meningkat, anak-anak mulai demam tinggi, batuk memburuk, pernapasan cepat, berkeringat, nyeri dada, nyeri otot, kelelahan dan batuk berdarah atau demam, diare, diare, mengi … Pneumonia virus kurang parah tetapi jika anak memiliki infeksi virus bakteri juga bisa menjadi pneumonia bakteri di masa depan. .

Gejala pneumonia bakteri:

  • Pneumonia bakteri biasanya dimulai dengan salah satu gejala serangan mendadak: demam tinggi; sesak napas, batuk, kuku dan pewarna bibir menjadi biru keabu-abuan, eksim, diare, diare dan dehidrasi.
  • Tanda-tanda ini mudah dikenali ketika anak sakit. Dalam kasus yang parah, anak benar-benar akan menguras tubuh dan mempengaruhi kehidupan.

Bagaimana cara mencegah penyakit Pneumonia di musim dingin?

Anak-anak harus divaksinasi penuh dengan vaksin pencegahan seperti vaksin melawan meningitis, bakteri pneumokokus, Hib, sel darah putih, batuk untuk mencegah pneumonia.

  • Kebersihan pribadi yang baik: Orang tua membutuhkan kebersihan pribadi untuk anak-anak yang baik, sering mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman; terutama setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan. Tangan dan kaki harus dicuci sebelum tidur. Orang tua juga perlu membersihkan gagang pintu, gagang lemari es, telepon dan mainan secara teratur karena ini tempat banyak kuman, bakteri. Ini akan membantu mencegah penyebaran bakteri.
  • Ciptakan lingkungan bebas asap: Orangtua harus berhenti merokok jika seseorang merokok. Selain itu, jangan biarkan anak Anda merokok pada perokok. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang hidup dengan asap tembakau lebih cenderung memiliki penyakit dan lebih mungkin mengembangkan pneumonia, infeksi saluran pernapasan atas, asma dan infeksi telinga.
  • Pastikan anak-anak diberikan gizi yang baik: Pola makan yang tepat meningkatkan kekebalan bayi. Ketika anak-anak menjadi terbiasa dengan makanan padat, mereka harus menyediakan makanan yang kaya nutrisi setiap hari. Berikan suplemen nutrisi yang cukup, makanan pendamping membutuhkan empat kelompok makanan (sereal, protein hewani atau kacang-kacangan, lemak, sayuran).
  • Hindari tempat-tempat ramai: Infeksi mudah menyebar di tempat-tempat di mana banyak anak-anak saling kontak satu sama lain selama berjam-jam. Jadi, awasi taman kanak-kanak (jika anak Anda di taman kanak-kanak). Tanyakan pada kerabat Anda (atau pengasuh tepercaya) saat mereka masih muda.

Saran dari dokter, saat musim dingin, jangan pernah memanaskan tubuh terlalu banyak (atau makan makanan hangat, dengan pikiran untuk menghangatkan tubuh). Hot flashes merugikan anak-anak saat mereka mulai berkeringat dan mengalami dehidrasi. Selain itu, makanan yang menghasilkan banyak panas juga membuat anak sulit mencernanya. Anak-anak dengan infeksi pernapasan akut seperti pilek, rinitis, dan tenggorokan harus diidentifikasi dan diobati sejak dini untuk memberikan perawatan yang baik untuk mencegah pneumonia. Lacak jadwal imunisasi Anda dan dapatkan imunisasi anak Anda tepat waktu. Khususnya imunisasi lengkap pada tahun pertama. Jika ada orang dengan infeksi pernafasan seperti influenza, tuberkulosis harus diisolasi agar tidak menulari anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares